Sekolah.org

Go Back   Sekolah.org After School Ngobrol apa saja

Reply silakan bergabung untuk ikut diskusi :-)
 
Thread Tools
Old 5 June 2011, 01:59 AM   #1
m4rshal
Member
 
m4rshal's Avatar
 
Bergabung: May 2011
Location: bekasi
Posts: 36
m4rshal is on a distinguished road
Send a message via Yahoo to m4rshal
Default cerpen bersambung....

PUJANGGA JALANAN ( STREET POET )

kringgg...!!!
suara alarm jam berdering kencang di kamar itu. Shika sang penghuni kamar perlahan membuka mata dan perlahan mengambil jam itu lalu membantingnya dengan harapan jam itu akan berhenti berbunyi, namun jam itu masih terus berdering hingga membuat shika angry. Ahirnya dilemparnya jam itu dengan bantal yang menyangganya, akan tetapi jam itu tak mau berhenti berbunyi juga. seketika saja shika bangun dan mengambil jam itu lalu pergi kekamar mandi dan di rendamnya jam itu di sebuah ember dan akhirnya hilanglah nada dering jam itu yang tewas karena kehabisan nafas. dari hasil otopsi yang di dapat dari rumah sakit terkait, jam itu tewas karena tenggelam. Sungguh malang nasib si jam ya.....

Shika amat sangat terkejut saat ia melihat jam dinding yang menunjukan pukul 06.30 WIB. " ya amppuuun....." tanpa pikir panjang segera saja dia cuci muka lalu mengambil setelan baju seragamnya di lemari bajunya. sebotol minyak wangi ia habiskan setelah ia menggunakan baju seragamnya. dengan tergesa-gesa ia langsung menuju meja makan. roti di gigit di mulutnya, saat pamitan dengan ibunya???
" ma..berangkat dulu ya dah telat neeh.."
" kamu mau kemana???"
" sekolah...."
" Seragam kamu dah ganti??sejak kapan seragam sekolah jadi putih pink??"
shika baru sadar kalau dia masih memakai pakaian tidurnya dan belum mengenakan rok seragamnya. ahirnya dia kembali ke kamarnya setelah ganti ia pun mempercepat langkahnya kembali ke meja makan.
Ibunya mencoba menahan, namun dia sudah bertekad kalau hari ini dia tidak boleh terlambat. di kejarnya mobil ayahnya yang sedang parkir di halaman tumahnya..saat dia naik..
" yah...cepet donk dah telat neeh..."
" Lho kamu mau kemana..??"ayahnya heran
" ya sekolah ayah...masa mau ke mall pake seragam..??"
ayahnya terdiam sejenak...
" kamu mau lembur.."
shika kaget dan menatap ayahnya..
" kok ayah ga pake kemeja???ayah emang ga kerja??"
" sejak kapan ayah kerja di hari libur???ga pernah kalee."
" hah...." shika kaget
" ini kan hari minggu sayang...kamu kok mau sekolah???"
GUBRRRAAAK!!! shika langsung tertunduk malu di depan ayahnya.....dengan lesu ia kembali ke meja makan..di pandangnya sang ibu dengan muka merah menyala mengalahkan sinar mentari yang panas menghangatkan pagi yang indah ini.....

****

di lain tempat di sudut kumuh kota jakarta, Joe( di perkirakan usianya 17 tahun ) tertunduk lesu melihat nasinya jatuh berhamburan karena terserempet mobil. kakinya masih sakit karena kejadian itu, di lengannya tampak terlihat darah segar mengalir. namun itu semua tak di rasakan olehnya, karena semua itu hanya luka yang biasa ia dapatkan untuk mencari makan. dan kini saat ia tak perlu berdarah untuk mendapat makanan, eh malah kesrempet mobil dan nasinya hancur. seorang pria paruh baya keluar dari mobilnya. memapah joe ke pinggir jalan. di belikannya air mineral untuk joe.
" minum dulu nak..." ucap pria itu gugup
" ga mau pak...."
" kamu ga apa-apa nak.."
" laper pak....."
" ya udah kita nyari warung nasi yuk..." ajak pria itu
" ayoo..pak..." joe langsung bangkit dan semangat sambil menggandeng tangan bapak tadi ke warung nasi mpo lela.
sesampainya di warung mpo' lela..
" mpo makan di sini pake lauk yang enak ya....nasinya penuh mpo"
joe langsung memesan makanan tanpa ragu lagi...
" pak...ente yang bayar kan...??"
pria paruh baya itu hanya mengangguk. namun ia masih shock karena joe yang tadinya dikiranya parah karena terserempet olehnya ternyata baik-baik saja...dan dia hanya bisa tertawa senang melihat joe yang makan dengan lahapnya....setelah selesai makan...
" kenyang nak....??" tanya pria paruh baya itu
" wah kenyang pak....maklum abis puasa 2 hari..."
" kok bisa....kenapa kamu puasa??"
" namanya jakarta pak....sekejam ibu tiri..kalo ga lebih galak ga bisa makan saya pak...."
" lho kenapa....emang orang tua kamu kemana???
" dah pada minggat pak....emak ngejablay di prumpung. bapak kawin lagi sama orang sebrang trus tinggal di jogja..."
pria itu hanya menghela nafas dalam hatinya ia hanya berfikir...ternyata aku masih lebih baik walau pun hidup pas-pas'an.
" itu mobil bapak??" tanya joe ke pria itu
" bukan...bapak cuma sopir..itu mobil juragan bapak...kamu sekolah apa nggak??"
" sekolah pak...."
"di mana..."
" di kolong jembatan...."
" sekolah apa..."
" nyopet, teknik maling yang baik...sama ngamen pak"
bapak itu hanya tersenyum....
joe tersenyum...
mpo lela tersenyum....
bang kumis nyengir sambil muntir2 kumisnya....
dunia pun ikut tertawa...
negri ini pun tertawa melihat malangnya kehidupan joe yang hidup di jalanan tanpa tempat tinggal dan di kelilingi oleh kebodohan...banggakah negri ini dengan upaya mereka untuk membodohi anak bangsanya???apakah pendidikan dan kenyamanan hanya di peruntukan bagi mereka kalangan manusia yang mempunyai materi yang cukup???apakah joe tidak pantas untuk memdapatkan semua itu.....hidup liar dan jauh dari kasih sayang, apakah itu yang mereka harapkan...orang-orang yang duduk di gedung hijau itu.....

to be continue...
m4rshal is offline  
Reply With Quote
Old 6 June 2011, 07:36 PM   #2
yumi_chu
Senior Member
 
yumi_chu's Avatar
 
Bergabung: May 2011
Location: sumatera utara
Posts: 177
yumi_chu is on a distinguished road
Default

hiiyyyy....si shika rada2 psycho ya...#PLAK# *dimutilasi shika di kamar mandi*
__________________
Where is the love?
yumi_chu is offline  
Reply With Quote
Old 12 June 2011, 02:05 AM   #3
m4rshal
Member
 
m4rshal's Avatar
 
Bergabung: May 2011
Location: bekasi
Posts: 36
m4rshal is on a distinguished road
Send a message via Yahoo to m4rshal
Default

terusannya minggu depan.....kalo suka di baca ya.....

kamu bangetzz
m4rshal is offline  
Reply With Quote
Old 17 June 2011, 09:56 PM   #4
dwira queenanda
Member
 
dwira queenanda's Avatar
 
Bergabung: May 2011
Posts: 64
dwira queenanda is on a distinguished road
Cool

TRAGIS amat !
__________________
desiree adele archambault
dwira queenanda is offline  
Reply With Quote
Old 19 June 2011, 07:57 AM   #5
yumi_chu
Senior Member
 
yumi_chu's Avatar
 
Bergabung: May 2011
Location: sumatera utara
Posts: 177
yumi_chu is on a distinguished road
Default

Originally Posted by m4rshal View Post
terusannya minggu depan.....kalo suka di baca ya.....

kamu bangetzz
oui mon ami
__________________
Where is the love?
yumi_chu is offline  
Reply With Quote
Reply silakan bergabung untuk ikut diskusi :-)

Thread Tools


Similar Threads
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
cerpen ku.. roni the writer Sastra 6 22 June 2011 01:06 PM
cerpen (Sahabat Selamanya) Q_aini Sastra 2 3 May 2011 02:53 PM


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 12:17 AM.


Powered by vBulletin®
Copyright © Jelsoft Enterprises Ltd.